Apa Itu SEO ?


apa itu SEO
apa itu SEO

Pengertian SEO

SEO ( Searching Engine Optimization) adalah pengoptimalan situs Website agar situs website kita memiliki rangking yang tinggi di Search Engine untuk Kata kunci atau KeyWord tertentu pilihan kita.

Contoh misalkan Penulis Content Produknya itu tentang Penulisan Artikel, Kata kunci yang di bidik tentang Penulisan Artikel yang mana target marketnya adalah orang orang yang mencari informasi seputaran penulisan artikel dan juga orang orang yang memang mencari penulis artikel profesional untuk kebutuhan Website mereka.

Bagaimana sebuah halaman situs bisa memiliki rangking tinggi di Search Engine ?

Sebenarnya hal ini tidak ada yang mengetahuinya, kebanyakan lebih berdasarkan pengalaman masing masing orang. Tapi menurut Google ada lebih dari 200 faktor yang membuat sebuah halaman Website bisa memiliki rangking yang tinggi di Search Engine, dan semua itu menjadi rahasia Google inc.

Tapi teman teman tidak perlu kuatir, karena pihak Google memberikan sedikit petunjuk kepada mereka yang menginginkan websitenya memiliki rangking yang tinggi di Search Engine.

Salah satunya yaitu Google mengatakan buatlah Website yang bermanfaat untuk para pembaca diinternet, Contohnya seperti Wikipedia.

Petunjuk lainnya yang di berikan oleh Google adalah buatlah konten atau artikel yang unik atau tidak menjiplak dari situs orang lain. Contohnya lagi – lagi seperti Wikipedia.

Menurut Google jika konten kita unik, menarik terus bermanfaat seperti Wikipedia, maka akan banyak situs lain yang Ngelink kesitus kita, alias merekomendasikan situs kita. Dengan demikian, dengan sendirinya situs kita akan memiliki rangking yang tinggi di Search Engine .

Secara Garis Besar Kita Bisa Membagi Petunjuk Google Sebagai Berikut :

– Situs kita harus bermanfaat bagi pengguna internet.

– Konten nya unik alias tidak ada duplikatnya.

– Banyak Situs lain yang Ngelink ke Situs kita.

Berapa lama sebuah halaman situs baru, bisa mulai memiliki rangking di Search Engine ?

Jawabannya yaitu sebuah halaman situs bisa memiliki rangking di Search Engine mulai dari satu hari sampai bertahun tahun. Ini tergantung dari kata kunci yang Anda bidik dan jumlah pesaingnya.

Seperti tadi yang disebutkan di Atas, kata kunci yang Anda bidik bisa ada di posisi pertama di Search Engine dalam jarak satu hari, JIKA saingannya tidak ada. Tapi jika saingan kata kunci yang Anda bidik cukup banyak, bisa jadi memerlukan waktu.

Dan Teman teman harus ingat selalu dalam pikiran teman teman bahwa SEO itu seringkali memerlukan waktu sebelum Anda melihat hasilnya.

Bisa jadi traffik Website kita baru mulai berdatangan setelah 2 bulan, 6 bulan bahkan Satu Tahun, dengan asumsi Anda memiliki kata kunci yang jumlah pencarian nya banyak dan saingannya ada atau cukup.

Jadi sebelum membuat website, disarankan untuk melakukan Riset Keyword terlebih dahulu untuk menentukan kata kunci yang akan kita bidik.

Tahapan-tahapan Yang Harus Dilakukan Saat Menjalankan SEO

 

– Pengoptimalan pada situs ( ON-Page Optimization )

– Pengoptimalan Di Luar Situs ( OFF-Page Optimization )

Pengoptimalan Pada Situs ( ON-Page Optimization )

 

Contohnya kita ingin Promosikan Penulis Content, terus yang kita bidik kata kunci Penulis Artikel Berkualitas. Saya ingatkan lagi, kata Google, jika konten situs kita unik, menarik dan bermanfaat, maka akan banyak situs lain yang Ngelink ke situs kita alias merekomendasikan situs kita. Yang dengan sendirinya, situs kita akan memiliki rangking yang tinggi di Search Engine.

Dengan kata lain, Google menginginkan situs kita mendapatkan Backlink secara natural. Artinya Backlink didapat dari orang lain yang secara suka rela merekomendasikan situs kita.

Namun pada kenyataanya, saat kita memiliki situs baru, tentunya tidak akan tiba-tiba mendapatkan Backlink dari situs orang lain, oleh sebab itu kita memerlukan tahapan yang kedua.

Pengoptimalan Di Luar Situs ( OFF-Page Optimization )

 

Pengoptimalan situs diluar situs Alias mencari Backlink.

Backlink seperti apa yang harus kita cari?

Idealnya Anda ingin mendapatkan Backlink dari situs yang mempunyai hal hal sebagai berikut:

– Situs yang memiliki Topik yang sama dengan situs yang kita kelola.

– Memiliki Page Rank (PR) yang tinggi

– Memiliki Autority tinggi di Mata Search Engine.

– Umur Domain (PA) sudah Tua

– Dari Jejaring Sosial ( Facebook, Twitter, Instagram dan lainya )

Tempat untuk mendapatkan Backlink diantaranya :

– Sosial Network ( Blog Gratisan seperti Blogspot dan WordPress )

– Directory Artikel ( Enzine Artikel )

– Social Bookmark

– Press Release

– RSS Submission

– Web 2.0 Video site ( YouTube )

– Blog Commenting ( .edu. gov )

Nah semua ini adalah tempat untuk mencari  atau membuat Backlink, masing Рmasing situs Diatas memiliki fungsi yang berbeda satu sama lainnya.

Mengacu kepada Backlink ideal, sangat di sarankan Anda mencari Backlink berdasarkan keragaman macam situs. Dengan kata lain, didalam mencari Backlink, jangan hanya dari satu macam situs saja. Ini agar di mata Search Engine terutama Google situs kita terlihat lebih natural.

Mencari Backlink itu ada dua cara ;

– Secara Manual

Artinya mulai dari pertama kali sampai terakhir dilakukan dengan sendiri secara manual, cara ini hemat biaya alias gratis. Kekurangannya Anda membutuhkan waktu dalam mengerjakannya.

– Menggunakan Backlink Servise

Artinya, jika ini pilihan Anda, harus siap dengan dana yang tentunya Anda gunakan untuk membayar jasa dari penyedia Backlink servise.

Berapa Jumlah Backlink yang diperlukan untuk membuat sebuah halaman memiliki rangking yang tinggi di Search Engine?

Jika kata kunci yang Anda bidik tidak ada saingannya sama sekali, maka Anda tidak perlu mencari Backlink, cukup lakukan saja ON-Page Optimization, halaman situs Anda bisa memiliki rangking di Search Engine.

Dan sebaliknya, jika kata kunci yang Anda bidik memiliki Jumlah saingan yang banyak, contohnya misalkan Anda bidik kata kunci tentang Hukum, maka mungkin situs baru Anda akan sulit memiliki rangking. Meskipun Anda memberikan ratusan bahkan ribuan Backlink.

Untuk itulah pentingnya melakukan riset kata kunci. Carilah kata kunci yang Jumlah pencarinya banyak akan tetapi jumlah saingannya ada atau cukup.

Namun sekali TRAFFIK datang dan situs Anda memiliki Produk yang tepat untuk di promosikan, apakah Produk sendiri atau Produk orang lain seperti ClickBank, Amazon dan lain sebagainya, maka kesempatan Anda menjadi lebih besar untuk mulai menuai PASSIVE INCOME.

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *