Seperti Apa Internet Marketing Itu ?

Sebelumnya mari kita lihat, ada dua pilihan jika kita ingin berbisnis online, yaitu Menjual Produk Sendiri atau Menjadi Seorang Affiliate yang membantu menjual produk orang lain.

Sekarang saya coba menjabarkannya sebagai berikut :

Menjual Produk Sendiri

Jika memilih Menjual Produk sendiri, Teman teman harus punya dulu Produk barang atau Jasa yang bisa di jual di Internet, apakah itu Produk dalam bentuk fisik seperti barang Elektronik, Bahan Makanan, Pakaian dan sebagainya, atau bisa juga dalam bentuk Jasa. Misalkan Jasa pembuatan Website, Jasa Penulisan artikel dan banyak lagi lainnya.

Menjual Produk Sendiri itu di bagi dalam Dua Kategori yaitu :

  • Produk dalam bentuk Fisik contoh, misalkan produk Elektronik, Furniture, Makanan dan lain sebagainya. Pokoknya segala sesuatu yang melibatkan adanya pengiriman barang baik melalui Pos, DHL, Fedex dan sebagainya
  • Lalu ada Produk bukan dalam bentuk barang, contohnya misalkan E-book dan Software, jadi sistem yang di pakai bukan melalui pengiriman barang, akan tetapi melalui sistem download. Nah sekarang Teman teman sudah bisa membedakannya kan ?

Sekarang kita lihat langkah langkah apa saja yang diperlukan jika kita ingin Menjual Produk Sendiri

Langkah-Langkahnya Yaitu :

  • Tentukan Produk yang akan kita jual
  • Buat Websitenya berikut Konten nya

Tentukan cara pembayarannya,  Pembayaran yang paling populer saat ini di Dunia adalah Paypal yang dilakukan secara online, bisa juga dengan Merchant Bank. Setelah semuanya selesai teman teman kerjakan, baru berlanjut ketahap berikutnya yaitu

  • Promosikan.

Cara Promosikan bisa melalui SEO atau Search Engine Optimization. Penjelasannya bisa di baca di artikel apa itu SEO. Ini adalah cara promosi melalui mesin pencari dan Gratis, bisa juga melalui AdWords atau iklan Berbayar. Disini bisa juga kita tambahkan satu lagi langkah langkah yang sangat direkomendasikan yaitu

  • Affiliate.

Yang artinya kita sebagai pemilik produk, mengizinkan orang lain untuk ikut mempromosikan Produk kita, dan lalu kita memberikan Komisi kepada mereka, jika mereka berhasil menjualkan produk kita. Contohnya Affiliate dari Perusahaan Hosting Niaga Hoster,

Affiliate – Menjualkan Produk Orang Lain

Secara sederhana saya mendefinisikannya sebagai berikut. Affiliate adalah suatu program yang diberikan kepada Orang-orang yang tidak mempunyai Produk sendiri untuk dapat membantu memasarkan Produk mereka kepada costumer dan jika terjadi penjualan, maka seorang Affiliate marketing akan mendapatkan komisi dari pemilik Produk.Besar komisinya tergantung dari pemilik Produk. bisa 20 persen atau bahkan bisa sampai 70 persen (ClickBank).

Sebenarnya Affiliate ini mirip seperti seorang Broker, cuman yang membedakannya adalah Affiliate di kerjakan secara Online.

Teman teman mungkin bertanya-tanya, Bagaimana menjadi Seorang Affiliate Marketing ( membantu menjualkan Produk orang lain ) nah disini saya akan berikan langkah-langkah yang di perlukan.

Langkah-langkah Yang Dapat Kita Lakukan

  • Tentukan dulu Topik apa yang anda sukai

Sangat di sarankan, apalagi untuk pemula untuk memilih HOBI. Jadikanlah hobi teman teman menjadi Topik dalam bisnis Online. Karena apa? Itu akan membuat teman teman menjadi lebih semangat dalam menjalankannya. harus di ingat baik-baik, didalam menjalankan bisnis Online, Anda harus fokus. Apalagi jika baru pertama kali belajar, dan yang namanya fokus, itu bisa datang dengan sendirinya dari sesuatu yang kita sukai.

  • Buat Website beserta kontennya
  • Daftar menjadi Affiliate, Setelah semua nya jadi, baru teman teman bisa mendaftarkan diri menjadi Affiliate. Contoh nya yang paling populer yaitu affiliate dari ClickBank, Amazon, ( itu semua perusahaan Dari luar Negeri ), Asian Brain, Niaga Hoster, Dewa Web dan sebagainya. Setelah topiknya sudah kita tentukan, terus websitenya sudah jadi dan kita sudah mendaftarkan diri menjadi Affiliate saatnya kita untuk melakukan Promosi.
  • Promosikan , Jadi ingat, kita tidak bisa hanya membuat website, habis itu berharap trafiknya datang sendiri  dan mendapatkan penjualan. Tidak seperti itu, ada cara caranya bagaimana kita membuat situs Website kita ramai pengunjung, dan para pengunjung ini adalah orang orang yang kita bidik berdasarkan topik bisnis yang kita pilih. Misalkan topik yang kita pilih tentang Olah Raga, bagaimana cara kita agar orang orang yang suka dengan olahraga mengetahui tentang situs kita.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *